ShareThis

Sabtu, 12 November 2016

Personal 21: I'm turning 30 this month - 30 Hal yang Aku Syukuri di umur 30

Aku udah rencanain buat tulis post ini beberapa bulan yang lalu. Di pertengahan bulan November ini aku masuk di usia 30. Banyak meme menyedihkan yang suka melebih-lebihkan umur 30, tapi kali ini aku mau tulis betapa bahagia dan bersyukurnya aku di usiaku saat ini. Aku mau buat post untuk melihat kembali ke belakang betapa baiknya Tuhan sama hidupku. Dan ini adalah 30 hal yang aku syukuri :D
1. Sepasang orang tua yang luar biasa
Hari ini aku nggak bakal ada kalau bukan orang tuaku yang selalu kasih dukungan dan support aku :').

2. Bisa punya kerjaan yang nggak pernah aku impikan
Sama sekali nggak nyangka, waktu kuliah, lecture-ku tanyain nanti mau kerja dimana setelah lulus? Sekarang aku punya kerjaan yang nggak pernah aku bayangin akan exist di tahun waktu aku kuliah :D

3. Sangat bahagia
Waktu aku umur 17, aku pernah bilang di post ini aku menderita depresi. Waktu umur 17 itu aku nggak pernah mikir nanti akan jadi apa. Di saat depresi orang nggak pernah bisa melihat masa depan. Tapi Tuhan bisa ngelihat masa depan kita, dan yang Tuhan buat selama ini luar biasa dalam hidupku. Di umurku yang 17, aku nggak akan nyangka bahwa di umur aku yang 30 ini, aku sangat bahagia.

4. Aku bisa kuliah di luar negeri
Aku selalu bilang orang tuaku bukan dari keluarga yang berada, kehidupan kami lumayan susah. Tapi orang tuaku selalu bela-belain dan mengalah untuk banyak hal buat aku dan Eve bisa kuliah di luar negeri. Itu berkat banget buat aku.

5. Punya tujuan hidup
Salah satu yang aku pelajari sampai saat ini, manusia kalau nggak punya tujuan hidup akan capek dan berat banget hidupnya. Tapi di umur 30 ini aku merasa seperti hidupku baru mulai, dan masih banyak yang harus aku kerjain^^

6. Sehat
Konon katanya orang jaman sekarang itu di umur 30 biasanya udah punya 5 hal, punya kerjaan, punya rumah, punya keluarga, punya mobil, dan terkahir punya penyakit karena terlalu keras bekerja. Tapi aku masih sehat dan aku ngerasa lebih sehat dari umur aku yang 17 XD Ini beneran, karena depresi, di umur 17 itu aku selalu sakit migrain sering banget, bahu aku juga rasanya kaku banget. Jadi setiap bangun tidur bener-bener penderitaan karena sakit. Sekarang aku lebih sehat dan lebih semangat.

7. Punya akses ke internet
Nggak tahu lagi kalau internet tiba-tiba nggak ada LOL

8. Punya sahabat akrab
Semakin berjalannya umur, temen kamu pasti akan semakin lebih sedikit dibanding dulu, tapi justru di saat itu kamu bisa lihat mana temen sejatimu mana yang bukan. Aku punya temen yang aku kenal dari aku umur 19 dan sekarang kita masih berteman. Itu suatu anugerah ^^ Aku bisa cari dia kapan aja dan dia selalu ada buat aku. Walau dia ada di belahan dunia lain, tapi kita masih nyambung. That's amazing!

9. Single and very lucky
Aku selalu denger kalau Nenek aku itu nikah karena dipaksa orang tuanya, karena jaman dulu susah, jadi nenek aku mau nggak mau harus nikah, padahal dia nggak mau. Sekarang aku hidup di jaman yang lebih modern. Aku bersyukur sebagai perempuan aku bisa punya kebebasan yang nggak dirasain nenek aku waktu muda.

10. Lebih percaya diri
Waktu remaja aku ini pemalu banget, suka insecure dengan diri sendiri. Sekarang karena mungkin udah lebih dewasa jadi lebih santai dan lebih cuek, nggak terlalu mikirin kata orang. Makanya aku ngerasa jadi orang dewasa lebih enak.

11. Punya adik yang luar biasa
10 tahun yang lalu aku nggak akan ngomong begini, bahkan 5 tahun yang lalu aku juga nggak akan terlalu ngomong begitu, tapi sekarang hubungan kita makin kompak dan makin akrab. Waktu remaja lebih sering ribut >.<

12. Tinggal di rumah sendiri
Udah 16 tahun aku berdoa punya rumah sendiri. Waktu temenku denger, dia kaget banget. Yup aku pengen punya rumah sendiri dari waktu aku umur 14, karena keluarga kita selalu pindah-pindah dan nggak enak banget pindah-pindah. Akhirnya tahun ini doa aku ke kabul. Setelah 16 tahun menanti.

13. Punya blog
Sama sekali nggak nyangka bahwa setelah hampir 6 tahun nulis blog, aku masih tetep nulis blog sampai hari ini. Dengan nulis blog, aku belajar banyak banget dan dengan menulis blog hidup aku penuh warna, jadi nggak pernah bosen.

14. Masa Laluku
Banyak banget hal yang aku lalui dalam kehidupan ini dan aku selalu bilang sama Tuhan, "Tuhan aku nggak kuat, Tuhan aku nggak bisa lewatin proses ini, Tuhan masalah ini nyebelin, dll." Tapi semua proses masa lalu yang nggak enak itu yang bikin aku jadi kuat dan ternyata sekarang setelah lewatin semua itu, aku bisa bilang, kalau ternyata semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

15. Lebih bijaksana
Aku nggak bilang bahwa aku bijaksana atau gimana, tapi aku ini sanguin, sering ngelakuin hal-hal bodoh dan nakal waktu aku lebih muda. Sekarang aku lebih bisa mengontrol diri dari lebih tahu mana yang harusnya nggak dilakuin mana yang nggak. Aku akui banyak hal-hal yang aku lakuin waktu aku lebih muda, yang sekarang kalau aku mikir balik selalu bikin muka aku merah haha.

16. Semua kegagalan
Aku gagal selesain S1 aku, aku cuma kuliah sampai D3 karena orang tuaku nggak sanggup selesain biayanya.
Aku gagal dapet visa kerja di luar negeri tempat aku kuliah.
Aku gagal waktu ngelamar kerja di kantor yang aku mau.
Tapi setelah bertahun-tahun kemudian, aku lihat semua itu, aku BERSYUKUR, sangat berSYUKUR aku nggak buang-buang waktu aku 1 tahun lagi ambil S1. Aku lebih suka kerja, karena bekerja lebih menantang dan lebih seru.
Aku bersyukur waktu itu visa kerjanya susah keluar, jadi aku harus balik Indonesia. Aku balik Indonesia dan aku bisa partner sama Eve bikin bisnis yang kita suka!
Aku beruntung ternyata kerjaan yang kelihatannya keren itu, ternyata sama sekali nggak cocok buat aku dibanding sekarang kerjaanku jauh lebih enak!
Semua kegagalan, dan semua jalan yang Tuhan tutup itu baik buat aku, justru dengan Tuhan tutup sebuah pintu, dia buka pintu yang nggak pernah aku impikan selama ini.
Aku sangat bersyukur  dengan semua 'kegagalan'.

17. Semua hal yang nggak bisa aku rubah dalam hidup
Salah satunya rambutku. LOL. Waktu remaja aku sebel sama rambutku, aku berharap rambutku bisa lurus dan gampang diatur, tapi sekarang di umur 30, rambutku masih banyak, jadi aku terlihat lebih muda dan nggak takut rambutku tipis, dimana temen-temenku rambutnya banyak yang jadi lebih gampang tipis.

18. Buku
 I am an avid polygamist reader. Aku hampir suka baca buku apa aja, dan aku nggak tahu betapa membosankannya kalau di dunia ini nggak bisa baca buku. Salah satu buku yang aku suka saat ini adalah The Hard Thing About Hard Things: Building a Business When There Are No Easy Answers.
Bangun bisnis itu nggak gampang, tapi dengan baca buku aku tahu, aku nggak sendiri, orang lain juga ngalamin. Itu alasan kenapa aku suka baca buku hehe.

19. Photography
Aku suka sama foto, karena foto bisa nangkep sesuatu yang udah lama kita nggak inget lagi. Banyak hal yang kita lupakan setelah waktu berlalu, tapi dengan menyimpannya dalam bentuk foto, hal tersebut nggak terlupakan :)

20. Sayur dan buah
Dulu mungkin aku akan tulis, cheesecake dan chocolate cake. Tapi semakin kesini aku semakin sadar bahwa buah dan sayuran bikin aku lebih sehat dan aku bisa ngiler kalau udah beberapa lama nggak makan buah atau sayur! Aku tulis di post ini gimana berat badanku bisa berkurang karena makan buah dan sayur.

21. Skincare
Dengan skincare aku bisa punya kulit yang lebih sehat dan awet muda tanpa harus operasi plastik hehe.

22. Kakek Nenek
Mereka yang nolongin keluarga kita waktu hidup kita susah. Aku bersyukur sama mereka :)

23. Punya sesuatu yang nggak bisa dibeli dengan uang
Aku pernah denger, kamu beruntung kalau kamu punya sesuatu yang uang nggak bisa beli. Aku punya hal-hal tersebut, hubungan aku dengan keluargaku, kehidupan yang aku nikmati, temen-temen yang terima aku apa adanya.

24. Tinggal di negara Indonesia
Aku suka baca buku, dan aku sering baca buku dimana kadang-kadang ada negara yang kehidupan nggak terlalu aman, seperti dibukunya I am Malala, atau buku In Order to Live: A North Korean Girl's Journey to Freedom. Aku hidup di Indonesia, aku punya kebebasan untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik dan aku nggak kelaparan.

25. Gereja
Aku bersyukur dan melihat bagaimana dengan masuk sebuah gereja hidup aku berubah dan diubahkan oleh banyak hal. Aku bisa merasakan kekeluargaan dalam sebuah gereja dan aku bisa punya teman-teman yang bisa aku andalkan.

26. AC
Kadang udara bisa panasssss banget, kalau udah panas itu bener-bener rasanya nggak enak, dengan nyalain AC atau masuk keruangan ber AC perasaan langsung lebih bahagia. Hal simple yang sangat berarti.

27. Semua hal yang nggak jelas dan nggak ada jawabannya
Banyak hal yang aku nggak ngerti dalam kehidupan ini. Banyak perkara yang kalau dilihat nggak ada jawaban dan jalan keluar. Tapi justru dengan keterbatasanku, aku makin sadar bahwa aku ini nggak ada apa-apanya, aku nggak bisa apa-apa. Hidupku semua cuma karena anugerah. Aku belajar untuk hidup bukan karena melihat, tapi karena percaya sama Tuhan, bahwa dia akan kasih semua hal yang terbaik bagiku.

28. Orang-orang ramah yang nggak aku kenal.
Aku pernah kerja di luar negeri sendirian, dan aku nggak punya temen yang aku kenal. Di sana aku bertemu orang-orang yang selama ini aku anggep bukan orang penting dengan kerjaan kasar, ternyata mereka adalah orang yang nolong aku. Mereka sangat baik dan sangat menolong. Sekarang aku belajar, Tuhan bisa pakai siapa aja buat nolong orang, bukan orang hebat, tapi malah kadang-kadang orang yang nggak pernah dianggep orang, justru Tuhan pakai.

29. Semua guru dan atasanku yang nyebelin
Aku punya guru-guru dan atasan yang selalu buat aku stress setiap kali masuk sekolah atau kantor. Tapi anehnya sekarang semua perkataan guru dan bosku yang nyebelin itu yang selalu terngiang-ngiang di kepalaku. Mereka selalu push aku untuk lebih rajin, lebih smart, lebih hebat lagi. Aku berterima kasih dan bersyukur sama mereka semua, walau kalau disuruh balik lagi ketemu mereka jadi guru atau atasanku belum tentu aku mau haha.

30. Kenal Tuhan Yesus
Semua yang di atas nggak mungkin bisa aku nikmati dan aku syukuri sebelum aku ketemu Tuhan Yesus. Sebelum aku ketemu dan kenal Tuhan Yesus, aku sama sekali nggak punya tujuan hidup, Hidup aku berat, buat bangun tidur aja aku nggak mampu karena aku merasa hidup kosong. Sekarang hidup aku sangat-sangat berubah. Aku sangat beruntung, sangat diberkati, sangat bahagia. Semua karena aku kenal Tuhan Yesus. Bukan aku yang mau kenal Dia, tetapi Dia yang nangkep aku :)

___________________________


Akhir kata:
Waktu nulis ini, aku banyak search di Google tentang umur 30. Aku kaget banget, ternyata banyak hal negatif yang orang pikirkan tentang umur 30, misalnya udah tua, udah lebih harus mikirin punya keluarga dan masa depan, punya anak, hidup udah nggak seperti dulu lagi, blah, blah, blah, dan lain lain. Aku shock waktu aku baca artikel-artikelnya. Apa nggak ada yang mikir kaya aku, bahwa umur 30 itu lebih enak, lebih stabil (baca :nggak labil), pikiran lebih matang, lebih banyak hal yang bisa aku lakuin, dan masih banyak hal seru yang aku bisa lakuin di depan.
Aku hampir nggak jadi nulis post ini gara-gara baca post-post orang lain di internet yang punya kesan umur 30 itu gimana gitu. Tapi setelah aku mikir-mikir lagi, aku publish juga post ini, karena post ini bagian dari perjalanan hidup aku :)

Aku mau bilang, umur 30 adalah bukan sesuatu yang harus ditakuti. Itu cuma angka!

Aku selalu mikir, kenapa aku tenang-tenang aja, karena aku ngelihat selama ikut Tuhan Yesus, Dia nggak pernah terlambat (walaupun aku pikir Dia terlambat), Dia nggak pernah kecepetan (walau aku mikir Dia terlalu cepet). Dia nggak pernah nggak setia (walau aku pikir Dia tinggalin aku). Dia nggak pernah bikin rencana buruk dalam hidup aku (walau aku pikir Dia banyak biarin kegagalan yang sama terjadi di hidupku). Jadi sekarang setelah ada pengalaman berjalan dengan Tuhan Yesus, aku nggak khawatir, aku santai aja, lebih santai dan lebih tenang karena aku tahu siapa Master Planner dalam hidupku.

Kalau kamu diumurmu yang sekarang merasa nggak bahagia, merasa ada sesuatu yang terlambat, atau sesuatu yang terlalu cepet, atau merasa banyak hal yang belum kamu lakukan.
Tenang aja.
Doa aja

Tuhan yang ciptain kamu, Dia tahu rencana dalam hidupmu.

Tugas kita cuma menikmati semua yang diberikan dalam hidup tanpa mempertanyakan rencana-Nya

Goodbye 20's, Hello 30's :)





Thank you buat semua ucapannya di social media! Walau nggak bisa aku balas satu-satu, tapi terima kasih banyak XD XD!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar